Cara Membuat Route Basic di Laravel 8

 Halo teman semua, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang Route basic pada framework Laravel. Banyak hal yang penting untuk dipahami mengenai route basic pada framework laravel ini. Oke, langsung saja kita mulai pembahasannya.


Route basic merupakan route yang paling sederhana pada framework laravel. Coba perhatikan code berikut :


Pada contoh code di atas, ketika kita menjalankan program laravel dan menuliskan wegodev pada url, maka akan mucul kata “Hello World”.


Route File Default

Semua route laravel ditentukan dalam file web.php yang berada di direktori routes. File ini secara otomatis di load oleh framework laravel. File routes/web.php menentukan route yang dipakai antarmuka website yang kita buat. Route ini ditetapkan sebagai group middleware web yang menyediakan fitur seperti session dan perlindungan CSRF, berbeda dengan routes/api.php yang digunakan untuk membuat web service dan ditetapkan sebagai group middleware api.


Sebagian besar dari aplikasi yang kita buat, tentunya kita akan memulai dengan menuliskan route di dalam file web.php, Route yang telah kita buat dapat kita akses dengan mengetikkan url yang telah kita tentukan pada browser. Coba perhatikan code berikut ini :


Untuk memanggil route tersebut, kita cukup ketikkan “http://localhost:8080/user” pada browser, maka halaman yang telah kita tentukan pada route tersebut akan muncul.


Available Router Methods

Dibawah ini merupakan metode-metode yang dapat kita gunakan dalam mendefinisikan route yang kita buat.


Terkadang kita tentunya perlu mendefinisikan route yang dapat merespon beberapa perintah HTTP, kita dapat melakukannya dengan menggunakan method match atau any. Untuk penerapannya coba perhatikan code dibawah :


CSRF Protection

Dalam setiap metode yang kita buat pada Form HTML, baik itu POST, PUT, PATCH, ataupun DELETE yang ditentukan dalam file routes web harus menyertakan bidang token CSRF. Jika tidak, maka permintaan yang kita kirim akan otomatis ditolak. Untuk penerapannya, coba perhatikan code dibawah :


#Redirect Routes

Jika kita ingin mendefinisikan suatu route untuk dapat mengalihkan/me-redirect ke halaman lainnya, kita dapat menggunakan metode Route::redirect. Dengan metode ini tentunya kita tidak perlu menentukan route lengkap atau membuat pengontrolan manual untuk mengalihkan halaman kita. Perhatikan code berikut untuk penerapannya :


Secara default metode Route::redirect mengembalikan kode status yaitu 302, kita dapat menyesuaikan kode status tersebut dengan parameter ketiga. Perhatikan code dibawah :


Kita juga dapat menggunakan metode Route::permanentRedirect untuk mengembalikan kode status 301, sebagai berikut :


#View Routes

Jika kita hanya perlu mengembalikan suatu tampilan, kita dapat menggunakan Route::view. Seperti metode redirect, metode ini menyediakan pintasan sederhana sehingga kita tidak perlu mendefinisikan route secara lengkap. Metode view menerima url sebagai argumen pertama dan nama tampilan sebagai argumen keduanya. Selain itu, kita dapat menyediakan array data untuk diteruskan ke tampilan sebagai argumen opsional ketiga. Untuk penerapannya, perhatikan code dibawah :


Mungkin sekian yang dapat saya bagikan mengenai Route basic pada framework laravel. Mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi pembacanya. Terima Kasih...


by: Muhammad Agus Hermawan
Jombang Dev Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Route Basic di Laravel 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel