Laravel Fortify #1 - Instalasi & Konfigurasi Laravel Fortify

 


Halo teman semua, pada artikel kali ini saya akan membahas Laravel Fortify, Laravel Fortify adalah backend authentication yang digunakan oleh Laravel Jetstream, seperti register, login, forgot password, sampai reset password, tapi kali ini kita akan membuat authentication manual menggunakan service dari Laravel Fortify tanpa menggunakan jetstream.


  1. Instalasi Laravel Fortify

Silahkan masuk ke project laravel kalian dan pastikan sudah melakukan koneksi ke database, kemudian jalankan command berikut untuk melakukan instalasi :


Note: Pastikan terkoneksi dengan internet, karena package ini akan diunduh secara online.


  1. Konfigurasi Laravel Fortify

Selanjutnya jalankan command berikut untuk melakukan publish file-file konfigurasi dari laravel fortify :


Jika berhasil, kita akan mendapatkan beberapa file sebagai berikut :

Note: Didalam folder app\Action\Fortify ada beberapa file yang digunakan untuk melakukan action seperti Create User, Password Validation, Reset Password, Update Password, dan Update Profile, untuk file app\config\Fortify.php berisi beberapa konfigurasi dari Laravel Fortify, seperti default Guard, Middleware, dan fitur-fitur dari Laravel Fortify.


  1. Mengaktifkan Fitur Authentication

Selanjutnya kita aktifkan view untuk authentication di laravel fortify, buka file app\Providers\FortifyServiceProvider.php maka tampilannya sebagai berikut :


Lakukan perubahan seperti berikut pada method boot :

Note: Pada kode tersebut, kita mendefinisikan bahwa kita akan membuat file blade yang menghandle register, login, forgot password, dan reset password pada folder auth, kita akan membuatnya pada artikel selanjutnya.


  1. Mendaftarkan Fortify Service Provider

Selanjutnya kita harus mendaftarkan Provider dari Laravel Fortify tersebut, buka file config\app.php dan tambahkan kode berikut pada array providers :


Sekarang kita sudah bisa menggunakan fitur authentication dari laravel fortify pada project laravel kita, selanjutnya kita akan melakukan migration.


  1. Menjalankan Migration

Silahkan jalankan command berikut untuk melakukan migration :


Kita akan mendapatkan beberapa tabel dalam database sebagai berikut :


Sampai sini proses instalasi dan konfigurasi Laravel Fortify telah selesai dan pada halaman utama project laravel kita telah muncul link login dan register.


Namun jika kita klik, akan muncul error.


Hal ini karena kita belum membuat view untuk menanganinya, pada artikel selanjutnya kita akan belajar tentang bagaimana membuat view serta proses register dan login menggunakan Laravel Fortify.


Sekian artikel mengenai instalasi dan konfigurasi Laravel Fortify, jika teman-teman memiliki pertanyaan atau saran mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar pada form dibawah, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.


Terima Kasih...


            by : Muhammad Agus Hermawan
Jombang Dev Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Laravel Fortify #1 - Instalasi & Konfigurasi Laravel Fortify"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel