Tutorial Laravel 8 Untuk Pemula #1 - Installasi Laravel 8

 


Halo teman semua, saya akan membagikan bagaimana proses instalasi Laravel 8, laravel dibuat oleh Taylor Otwell, karena kemudahan penggunaannya dengan dokumentasi yang baik dan dukungan library yang lengkap, saat ini Laravel menjadi framework PHP yang paling banyak digunakan di dunia.


Laravel menggunakan metode MVC (Model, View, dan Controller), MVC adalah metode pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen aplikasi, seperti manipulasi data, controller, dan user interface. Model adalah bagian yang berhubungan dengan database seperti CRUD, View adalah bagian antarmuka atau bagian tampilan aplikasi, sedangkan Controller adalah bagian yang menjembatani antara Model dan View, jadi controller lah yang berperan sebagai pengendali dari suatu sistem.


Sebelum proses instalasi pastikan kalian sudah menginstal Composer pada komputer/laptop kalian, jika belum bisa klik link ini (disini include link ke artikel composer), pastikan juga kalian sudah menginstall XAMPP jika belum bisa klik link ini (disini include link ke artikel XAMPP),  dan pastikan php kalian minimal versi 7.3 atau lebih tinggi.


Instalasi Laravel


  1. Buka command prompt dan masuk di folder dimana kalian ingin menginstall laravel, disini saya akan install pada folder xampp/htdocs.


  1. Kemudian ketikkan command berikut.


  • create-project : perintah untuk membuat project baru.

  • --prefer-dist : perintah untuk mendownload laravel versi yang direkomendasikan dan paling stabil (terbaru).

  • belajarLaravel : nama project laravel yang kita install.


Proses download ini memerlukan beberapa waktu, tergantung koneksi teman semua.


  1. Setelah selesai, maka tampilan akan seperti ini.


  1. Selanjutnya masuk ke folder belajarLaravel dengan ketik perintah berikut.


  1. Dan ketik command php artisan serve untuk menjalankan Laravel yang telah kita install.

Setelah kita tekan Enter, maka project belajarLaravel akan dijalankan pada “http://127.0.0.1:8000”, yang artinya server development sudah dibuat dan kita dapat mengaksesnya melalui localhost dengan port 8000.


  1. Biarkan command prompt jangan di close, sekarang buka browser dan ketik url http://localhost:8000 atau http://127.0.0.1:8000 dan tekan enter.


Jika telah melihat tampilan berikut kita berhasil menginstall Laravel dan kita dapat menggunakannya untuk proses development.


 Sekian yang dapat saya bagikan tentang instalasi Laravel 8, jika teman-teman memiliki pertanyaan atau saran mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar pada form dibawah, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.


Terima Kasih...


        By : Muhammad Agus Hermawan
Jombang Dev Software Developer

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Laravel 8 Untuk Pemula #1 - Installasi Laravel 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel